MENEGENAL APLIKASI WEB

 

World Wide Web (WWW) atau yang lebih dikenal dengan web saja, merupakan salah satu llayanan yang dapat diperoleh pemakai computer yang terhubung ke internet.

Web pada awalnya adalah ruang innformasi didalam internet, dengan menggunakan tekhnolgi hyperteks, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser web.

Kini internet identik dengan web, dikarenkan kepopuleran web sebagai standard interface pada layanan-layanan yang ada diinternt. Web dari awalnya berfungsi sebagai penyedia informasi, kini juga digunakan untuk komunikasi dari e-mail, chatting sampai dengan transaksi bisnis (e-commerce).

Web memudahkna pengguna computer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainnya dan untuk menulusuri informasi diinternet. Selain itu websebagai bagian dari strategi tekhnologi informasi, karena beberapa alas an :

–         akses informasi mudah

–         stu server lebih mudah

–         informasi mudah didistribuskan

–         bebas platform, maksudnya informasi dpat disajikan oleh browser web pada system operasi mana saja karena adnya standard

 

–         sekilas lahirnya WEB

 

tahun 1993, tim barners-lee dan para peneliti lain di European particle physics lab di Ganeva, swiss, mengembangkan suatu acara untuk membagi data antar temannya menggunakan sesatu yang disebut hypertext. Kode-kode khusus disisipkan ke dalam dokumen elektroni ini, seingga memungkinkan pemakai meloncat dari satu dokumen ke dokmen lainnya yang letaknya pada computer remote hanya dengn memilih sebuah hyperlink. Seorang peniliti dapat juga mengirim sebuah file dari satu computer ke koputer remote ke system lokalnya, atau log in ke dalam suau system remote hanya dengan mengklikhyperlink, tidak perlu malalui mekanisme atau telnet. Jalan pintas CERN ini digunakan sebagai dasar dar WWW sekarang dimaintain oleh W3C

 

–         WORLD WIDE WEB CONSORTIUM (W3C)

 

W3C mengembangkan tekhnologi yang dapat dioperasikan pada platform manapun. Oleh karena itu membuat web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, commerce, komunikasi dan perjanjian bersama. W3C dibentuk bulan oktober 1994, dengan jumlah angota lebih dari 400 oraganisasi dari seluruh dunia. W3C telah menghasilkan pengakuan internasional untuk kontribusinya pada perkembangan web. W3C kini merupakan badan resmi yan membuat standard web, yaitu :

–         standard web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML

–         standard HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0

 

 

–         bagaimana WEB bekerja

 

a.       informasi web disimpan dalam dokumn yang disebut sebagai halaman-halaman web

b.      web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web

c.       komputer-komputer yang membaca web page disebut sebagai web client

d.      web client menampilkan page dengan menggunakan programyang disebut dengan browser web

e.       browser web yang populer adalah internet explorer dan netscape navigator

 

–         istilah-istilah yang harus diketahui

 

a.       WWW (World Wide Web)

 

Awalnya merupakan layanan penyajian informasi di internet dengan meggunakan HTML. Web identk dengan iternet, karena kepopulerannya saat imi yang menjadikan interface aplikasi untuk melakukan transaksi dan sajian informasi yang lengkap dari seluruh dunia.

 

b.      URL (Universal Resource locator)

 

URL adalah konsep nama file standard tidak hannya menunjukan dirktori dan namafilenya saja, tetapi juga nama mesinnya dlam jaringan. URL dapat disediakan (diakses) dengan berbagai metode dan buka sekedar file, karena URL dapat menunjukan qury-query, dokumen yang disiman dalam database.

 

c.       HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

 

Server HTTP umumnya digunakan untuk melayani dokumen hyper text. Karena HTTP adalah protocol dengan overhead yang sangat rendah, sehingga pada kenyataannya navigasi informasi dapat ditambahkan langsung kedalam dokumen.

 

d.      sufing/browsing

 

kegiatan menulusuri dan mencari informasi dalam internet melalui layanan informasi web

 

e.       surfer

 

pemakai komputer yang melakukan surfing

 

 

 

–         pengenalan HTML

 

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file text murni yang dapat dibuat dengan editor text sembarang dan dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan lam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi ataupun interface aplikasi didalam internet.

 

–         pengenalan PHP

 

situs web awalnya merupakan satu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink, yang memudahkan surfer. Informasi yang disajikan menggunakan konsep multimedia (teks, animasi, suara dan atau film).

Suatu website akan dikenal dengan cepat apabila informasi yang disajikan selalu up to date atau lengkap. Tapi ke up to date an dan kleangkapan data merupakan masalah besar bagi pengelola situs, karena kerepotan dalam mlakkan penambahan atau pengubahan data yang disajikan. Jika web site tidak dirancang secara sistmatis, maka akn terjadi kesulitan dan kerepotan dalam melakukan maintenance untuk mengupdate melengkapi data. PHP dan data base merupakan slah satu solusi yang dapat digunakan oleh pengelola situs, sehingga pegelola tidak perlu harus merupakan proses editing dokumen html, tetapi ckup dengan melakukan penambahan atau perubahan dalam database maka pengelola situs sudah dapat melakukan maintenance situs webnya.

 

–         apa itu PHP

 

PHP meupakan script untuk pemrograman script web server side yang membuat documen HTML secara on the fly. Dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi PHP bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks/editor HTML. PHP secara resmi merupakan hyper text processor yaitu bahasa script server-side yang disispkan pada HTML. PHP/FI merupakan singkatan dari personal home page form interface. PHP awalnya merupakan program CGI yang dikhususkan untuk menerima input melalui form yang ditampilkan dalam browser web. Software ini disebarkan dan dilisensikan sebagai perangkat lunak open source.

 

–         sejarah singkat PHP

 

PHP pertama kali dibuat pada musim gugur tahun 1994oleh rasmus lerdoff (rasmus@php.net). Awalnya digunakan pada web sitenya untuk mencatat siapa saja yang berkunjung dan melihat biodatanya. Versi pertama yang direlease tersedia pada awal tahun 1995 dikenal sebagai tool personal home page, yang terdiri dari engine perser yang sangat sederhana yanghanya mengerti beberapa makro khusus dan sejumlah utilitas yang digunakan pada halaman-halaman web seperti buku tamu, ounter pengunjung dn lainnya.

Parser diprogam ulang pada pertengahan tahun 1995 dan diberi nama PHP/FI versi 2. FI berasal dari paket Rasmus lainnya yang ditulis untuk mengintrepetasikan data dari form yang kemudian dikombinasikan dengan tool personal home page dan ditambahkan dengan dukungan untuk dtabase mSQL (mini SQL). Pada pertengahan tahun 1997 terjadi perubahan pengembangan PHP. Pengembangannya tidak hanya d lakukan oleh rasmus sendiri, tetapi dibantu oleh tim yang terorganisasi yaitu zeev suraki an andi gutman yang menambahkan banyak utilitas tambahan untuk menambah kemampuan dari versi 2 yang emudian disebut dengan PHP 3. versi terakhir yaitu PHP 4 menggunakan engine script zend untuk lebih meningkatkan kinerja dan mempunyai dukungan yang banyak berupa eksistnsi dan fungsi dari berbagai library ke tiga , dan perjalan seolah modul asli dari berbagai server web yang populer. Sejak januari 2001 PHP 3 dan PHP 4 disertakan pada sejumlah server web komersial seperti server web strong hold red hat.

 

–         kemampuan PHP

 

kemampuan PHP yang paling diandalkan dan signifikan yaitu dukungan kepada banyak database. Membuat halaman web yang menggunakan data dari database dengan sangat mudah dapat dilakukan. Berikut adalah daftar database yang didukung oleh PHP :

  1. Adabas D
  2. dBase
  3. FilePro
  4. FrontBase
  5. Hyperwave
  6. IBM DB2

PHP juga mendukung untu berkomunikasi dengan layanan lain menggunakan protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP dan lainnya yang tidak terhitung. Program juga dapat membuka soket jaringan secara mentah dan berinteraksidengan menggunakan protokol lainnya.

 

–         Pengenalan CSS

 

Jika kita surfing/browing ke situs-situs komersial seperti ESPN, CNN, Disney atau Wall Street journal anda akan terperanjat, karena sepertinya HTML tidak dapat menghasilkan tampilan seindah itu. Tapi kenyataannya, tampilan situs itu menggunakan kode-kode HTML didalamnya. Jadi bagaimana para pembuat situs tersebut meranangnya ?

Anda pernah mendengar istilah style pada page maker atau ms word ? istilah style pada pengelola kata tersebut, mempunyai arti yang sama dengan style sheet yang digunakan pada HTML. Pada pengelola kata, misalya anda mempunyai sebuahstyle bernama heading (yang mengatur jenishuruf, ukuran dan warna untuk teks yang menggunakan style heading tersebut) yang dapat digunakan kapan saja dalam dokumen tanpa perlu memformatt berlang-ulang. Konsep yang sama juga digunakan dalam pengelola website. Definisi style dpat ditulis, digabung dengan kode-kode HTML atau ditulis padasebuah file khusus dan HTML akan dapat membaca file tersebut. Setiap kali kita ingin menggunakan file tersebut, cukup memanggilnya melalui sebuah tag. Style sheet dalam HTML disebut dengan cascading style sheet atau bisa disingkat dengan CSS.

 

 

–         pengenalan MYSQL

 

SQL (structured query language) adalah bahasa standard yang digunakan untuk melakukan akses dan manipulasi database, dalam hal ini database relational. MySQL merupakansoftware database yyang termasuk paling populer dilingkungan linux. Kepopulerannya disebabkan karena kinerja query dari databasenya bisa dikatakan paling cepat dan jarang bermasalah. MySQL menjadi populer karena berawal dari software yan shareware, kini mulai versi 3.23 MySQL menjadi software open source dengan kata lain berati free/gratis. MySQL dapat digunakan untuk kepentinfgan komersial ataupun personal. MySQL telah tersedia juga dilingkungan windows, dipasang didirektori c:/mysql. Sedangkan c:/mysql/bin adalah direktori yang berisi daftar modul executable dari software MySQL