Inget tahun kemarin jadi panitia HUT himpunan karyawan #HUTSerikatPekerja

Pengen buat acara yang beda, lain daripada yang lain, bukan yang biasa-biasa saja. Juga tak ingin acara HUT jadi pengulangan acara tahun sebelumnya #HUTSerikatPekerja

Saat mencari-cari materi acara yang Okey untuk hari H perayaan — terlintas pembuatan biopori rame-rame #HUTSerikatPekerja

Biopori adalah lubang di permukaan tanah dengan diameter 10 cm dan kedalaman satu meter #HUTSerikatPekerja

Biopori diisi sampah organik seperti daun-daunan dan sisa makanan. Sampah itu akan jadi makanan organisme tanah yang membuat lubang-lubang kecil di dinding lubang #HUTSerikatPekerja

Lubang-lubang kecil tersebut dinamakan biopori, dan berperan membantu mempercepat proses penyerapan air hujan ke tanah karena penyerapan bukan hanya vertikal tapi juga horizontal melalui biopori #HUTSerikatPekerja

Biopori bermanfaat mencegah banjir dan membantu memperbanyak cadangan air tanah karena air hujan tidak langsung terbuang ke sungai #HUTSerikatPekerja

Awalnya acara ini terlihat begitu mustahil terwujud #HUTSerikatPekerja

Harga bor biopori @ Rp. 175.000, biaya membeli bor biopori cukup besar karena jumlah karyawan banyak #HUTSerikatPekerja

Udah gitu ada teman yang mengatakan bakalan kesulitan menggerakkan orang untuk mau membuat biopori rame-rame #HUTSerikatPekerja

Sempat pesimis untuk dapat terwujud, tapi untunglah dapet dukungan dari pengurus serikat pekerja #HUTSerikatPekerja

Butuh tekad besar dan kepercayaan diri yang kuat untuk mewujudkannya #HUTSerikatPekerja

Mission impossible pun dimulai. #HUTSerikatPekerja

Pertama nyoba cari info untuk sewa bor biopori dalam jumlah besar > 100 buah #HUTSerikatPekerja

Ternyata IPB, si pencetus biopori hanya punya sedikit saja (klo gak salah 20 biji) yang biasa untuk praktikum #HUTSerikatPekerja

Jadi mau gak mau harus beli baru. Sempat ragu karena biayanya belasan juta rupiah. #HUTSerikatPekerja

Lalu muncul ide untuk menjual bor biopori setelah usai acara. Ide yang brilian dari seorang teman. Bor bekas tersebut dijual @ Rp.100.000 #HUTSerikatPekerja

Jadilah beli bor biopori ke IPB, walaupun masih pesimis nantinya dapat terjual habis #HUTSerikatPekerja

Sebelum acara kami gembar-gembor dulu via email ke karyawan #HUTSerikatPekerja

Juga buat acara presentasi biopori langsung oleh Pak Kamir, si penemu biopori dari IPB. #HUTSerikatPekerja

Acara tersebut nebeng acara pertemuan rutin yang diadakan kantor. #HUTSerikatPekerja

Jadilah teman-teman di kantor mulai tertarik dan penasaran dengan biopori #HUTSerikatPekerja

Sebelum hari H telah ada peminat yang hendak memesan biopori. Jadi tambah optimis bor biopori akan banyak yang terjual. #HUTSerikatPekerja

Pembuatan biopori diputuskan akan dilakukan serentak di lapangan depan. #HUTSerikatPekerja

Beberapa hari sebelum acara sengaja pasang bendera segitiga warna-warni di calon lubang biopori. Pengen “pamer” dan menarik perhatian karyawan bahwa kita mau buat acara biopori. #HUTSerikatPekerja

Lapangan depan jadi indah dengan hiasan ratusan bendera kecil warna-warni. Bikin orang bertanya-tanya ada apakah gerangan dengan bendera kecil-kecil?. #HUTSerikatPekerja

Lumayan untuk promosi acara pembuatan biopori yang akan dilakukan beberapa hari kemudian. #HUTSerikatPekerja

Tidak seperti dugaan teman yang beranggapan akan sulit mengerakkan orang, pada saat acara ternyata karyawan pada antusias buat biopori #HUTSerikatPekerja

Direksi dan tamu dari serikat pekerja lain juga ikutan buat biopori. #HUTSerikatPekerja

Konsultan asing yang kebetulan sedang ada di kantor antusias ikutan buat lubang #HUTSerikatPekerja

Juga tamu dari pemerintahan Kota Bandung, klo gak salah yang hadir adalah wakil walikota. #HUTSerikatPekerja

Beritanya sempat masuk media massa, kayaknya topik biopori cukup menarik diberitakan. #HUTSerikatPekerja

Lebih senang lagi bor biopori akhirnya ludes terjual, panitia gak perlu minta tambahan dana ke himpunan karyawan. #HUTSerikatPekerja

Beberapa waktu kemudian Bagian Umum yang mengurusi halaman kantor memesan pelindung lubang biopori, sepertinya mereka akan memperbanyak lubang biopori di banyak titik. #HUTSerikatPekerja

Senang bisa ikut partisipasi memperkenalkan biopori sebagai sarana penyimpan air tanah kepada karyawan dan masyarakat umum lewat media massa yang meliput acara. #HUTSerikatPekerja

sumber : http://duniashinichi.blogspot.com/2011/04/biopori-di-acara-hut-serikat-pekerja.html#more