Donny Irawady Laksana adalah seorang satpam di sebuah perumahan. Pekerjaan utama Donny adalah menjaga kemanan di blok 7 perumahan bersama tiga orang temannya. Selama ini Donny dan ketiga temannya dikenal ringan tangan, rela mengerjakan pekerjaan di luar tugas resminya. Mereka tidak hanya menjaga kemanan tetapi juga menjaga kondisi fasilitas umum dan kebersihan lingkungan.
Mereka tak segan mencabut rumput-rumput liar yang tumbuh di trotoar jalan, memastikan tukang sampah mengosongkan semua tempat sampah, membantu memotong pepohonan milik warga yang mulai rimbun, memperbaiki kerusakan kecil pada pagar milik warga, mengganti lampu jalan yang mati hingga mengantar warga yang mendadak sakit ke rumah sakit. Semua itu dilakukan tanpa imbalan. Karena perilaku mereka itulah maka warga sangat senang mempekerjakan Donny dan teman-temannya.
Walaupun tugas utamanya menjaga keamanan, ternyata Donny memiliki keahlian lain yang secara luas diketahui oleh warga.


Dia bisa memperbaiki gangguan kecil pada bermacam-macam barang rumah tangga seperti kompor, aneka perlengkapan dapur, alat elektronik, TV, dan komputer.

Kecuali barang-barang tersebut mengalami kerusakan besar, Donny mampu memperbaikinya. Donny juga punya keahlian khusus dalam hal pemipaan, dia bisa memperbaiki kran air yang rusak, pipa-pipa yang mengalami kebocoran ataupun pompa air yang rusak.

Namun jangan dikira keahlian itu didapat Donny begitu saja. Saat mulai menjadi satpam dia tidak memiliki keahlian apa-apa karena sekolahnya-pun di SMA umum bukan sekolah teknik kejuruan. Tapi kemudian Donny yang sering berinteraksi secara intensif dengan warga karena aktifitas keliling kompleks yang dilakukannya saat berdinas – seringkali dimintai tolong memperbaiki barang-barang rumah tangga.

Pada mulanya Donny mencarikan tukang dari luar untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Saat itu dia menolak menerima tip karena dianggapnya sebagai bagian dari layanan kepada warga. Warga-pun tidak memaksa Donny menerima tip karena menyangka Donny mendapat tip dari para tukang. Sebenarnya Donny tak pernah menerima tip dari tukang, dia hanya berusaha keras untuk belajar dari mereka tentang cara perbaikan aneka barang rumah tangga.

Lama-kelamaan karena sering membantu dan banyak bertanya pada tukang atau montir yang sedang memperbaiki kerusakan, maka Donny memiliki ketrampilan juga dalam perbaikan. Tak puas dengan learning by doing, Donny juga mengambil kursus-kursus perbaikan barang elektronik, kursus montir mobil hingga kursus pertukangan sederhana.

Diantara bermacam keahlian itu, memperbaiki kerusakan kran, pipa air dan pompa air adalah keahlian utama Donny. Nama Donny sebagai tukang pipa telah tersohor bukan hanya di blok yang dia jaga, tapi juga blok-blok lain dan bahkan di kompleks perumahan lain yang berdekatan. Bila saat tidak sedang berdinas, Donny dengan senang hati memenuhi permintaan perbaikan pipa dari tempat lain.

Walaupun telah laris sebagai tukang ledeng, Donny tidak kendur dalam menjalankan tugas sebagai satpam. Dia tahu betul bahwa dirinya bisa mendapatkan pelanggan karena sering berinteraksi secara baik dengan mereka.

Donny memang telah ahli dalam ledeng, tapi dia sadar bahwa banyak juga ahli di luar sana yang telah berpengalaman puluhan tahun. Di antara alasan warga memakai dirinya adalah karena mereka kenal dekat dengan Donny sebagai satpam yang dapat dipercaya. Reputasi Donny sebagai satpam yang baik telah membantunya mendapatkan pelanggan.

Pada teman-teman satpam pun Donny tak segan-segan menularkan pengetahuannya. Soal perbaikan TV dan komputer, Satpam Andre telah semahir Donny. Perkara perbaikan elektronik dapur seperti kompor listrik dan kulkas, Satpam Keanu adalah jagonya. Perbaikan atap yang bocor atau dinding kamar mandi yang retak adalah keahlian baru Satpam Willy. Mereka memang di paksa-paksa oleh Donny untuk belajar bermacam keahlian agar bisa mendapat penghasilan tambahan.

Kini berbekal aneka keahlian yang mereka miliki, Donny dan teman-teman satpamnya memiliki tambahan penghasilan yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada saat tidak berdinas mereka sibuk melayani permintaan perbaikan dari perumahan-perumahan tetangga.

Itu semua karena reputasi mereka sebagai satpam yang baik telah dikenal warga sehingga mereka mau merekomendasikan pada teman dan kenalan dari tempat lain. Donny sadar betul akan hal itu. Bagaimanapun basic dirinya adalah satpam. Karenanya dia tidak bosan-bosannya berpesan pada teman-temannya untuk menjaga kinerja mereka sebagai satpam agar tidak mengecewakan warga

sumber : http://duniashinichi.blogspot.com/2011/04/donny-irawady-satpam-1001-skills.html#more