ANALISIS JURNAL

Judul                           : Strategi Pemasaran

Nama Pengarang         : Joko Susilo

Tahun                          :  2010

Tema                           : Pemasaran

 

  1. Latar Belakang Masalah

Pada masa sekarang ini Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, dalam bisnis pemasaran menjadi ujung tombak. Tanpa pemasaran yang bagus, bisnis sulit untuk berkembang baik. Sebagus apapun produknya, namun bila tidak dibarengi dengan kemampuan memasarkan secara efektif, bisnis hanya akan jalan di tempat. Memang dalam bisnis apapun persaingan itu sudah pasti ada. Untuk itulah kita perlu strategi pemasaran yang jitu untuk menerobos ketatnya persaingan.

Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.Sehingga dalam menjalankanusaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran Menurut W.Y.Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Dapat diketahui bahwa jika perusahan tidak dapat melakukan strategi dengan baik, maka perusahaan akan mengalami kegagalan memasarkan produknya dan perusahaan tersebut tidak akan dapat mendapatkan laba/keuntungan. Oleh karena itu penulis menganggap bahwa strategi pemasaran sangat berperan penting dalam suatu perusahaan.

Salah satu contoh strategi pemasaran yang baik adalah seperti mencoba pendekatan baru, melakukan tes dan memberikan deal terbaik.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk membahas strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Sehingga penulis mengambil judul penelitian ”STRATEGI PEMASARAN”

  1. Masalah

Berdasarkan latar belakang yang peneliti uraiakan diatas, maka peneliti merumuskan masalah mengenai strategi pemasaran yang baik dalam suatu perusahaan, yang dilihat dari 3 strategi pemasaran yng harus dilakukan yaitu coba pendekatan baru, lakukan tes, berikan deal terbaik.

 

  1. Tujuan

Berangkat dari rumusan masalah yang telah diuraikan sebelumnya maka tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh penulis dari penulisan ini adalah

  1. Untuk mengetahui secara detail apakah perusahaan sudah melakukan strategi pemasaran dengan baik
  2. Untuk mengetahui apakah pemasaran yang dilakukan perusahaan bisa jadilebih baik apabila sudah menerapkan 3 strategi pemasaran yang sudah diberikan.

 

  1. Metodelogi Penelitian

 

  1. Data / variabel yang digunakan

Sumber pengumpuln data yang digunakan oleh penulis menggunakan data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian

 

  1.  Hipotesis

Selama ini perusahan merasa buntu untuk memasarkan produknya.

 

 

 

 

Judul                           : Riset Pemasaran

Nama pengarang         : GUNADARMA

Tahun                          : 2010

Tema                           : Pemasaran

 

  1. Latar Belakang Masalah

 

Seiring pekatnya dengan perkembangan bisnis dewasa ini, proses pengambilan keputusan, prefensi, perilaku dan kepuasan konsumen kini menjadi fokus perhatian setiap perusahaan yang ingin tetap eksis dan unggul dalam persaingan berskala global.  Identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen memerlukan penelitian terhadap pasar, baik pasar saat ini maupun pasar potensial.

Riset pemasaran menurut malhotra merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran

Demikianlah riset pemasaran berperan sebagai dasar penyususnan strategi dan taktik pemasaran, dimana harus didukung dengan data yang akurat, relevan, terpercya, obyektif dn tepat waktu, sehingga manajemen perusahaan dpat merencanakan dan melaksanakan dengan baik berbagai aspek pemasaran, seperti pengembngan produk dan merk, penentuan harga, pendistribusian produk, dan komunikasi pemasaran terintegrasi

Berdasarkan uraian tersebut diatas, mka penulis tertarik untuk membahas riset pemsaran yang sangat menjadi fokus perhatian  setiap perusahaan.

 

  1. Masalah

Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat

 

  1. Tujuan

 

Berdasarkan uraian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui apakah dengan kriteria kriteria tersebut perusahaan sudah dapat melakukan strategi pemasaran yang baik
  2. Untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dialami setiap perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran ini.

 

  1. Metodelogi Penelitian

 

  1. Data Variabel

Sumber data yang digunakan oleh penulis menggunakan data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian

 

  1. Metode Pengumpulan Data
    1. Wawancara pribadi

Yaitu dengan mangajukan beberapa pertanyaan langsung secara pribadi kepada salah satu karyawan

  1. Teknik Wawancara kelompok

Yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada sekelompok karyawans

 

 

Judul                   : komunikasi pemasaran

Nama Pengarang : Anne Aira

Tahun                  : 2011

Tema                   : pemasaran

 

  1. Latar Brlakang masalah

 

Dibalik mejelitnya suatu produk yang dikenal masyarakat, disana terdapat peran bagian komunikasi pemasaran disuatu perusahaan. Bagian pemasaran ini terus melakukan komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung kepada para konsumen dengan tujuan untuk mengenal produk lebih jauh lagi. Mengingat pentingnya suatu komunikasi dalam pemasaran suatu produk, maka hendaknya kita memahami tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi pemasaran.

Pengertian komunikasi pemasaran sendiri yaitu, sarana yanh digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual.

Dapat diketahui bahwa jika perusahaan tidak menggunakan komunikasi perusahaan, maka perusahaan tersebut tidak dapat memasarkan produk dan merk yang merak pasarkan secara maksimal karena kurangnya komunikasi.

Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk membahas kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan setiap perusahaan untuk memasarkan produk yang mereka miliki secara maksimal

 

  1. Masalah

 

Dalam penulisan ini, penulis ingin mengetahui apakah  komunikasi pemasaran yang sudah diterapkan dapat berjalan dengan baik

 

  1. Tujuan

 

Berangkat dari rumusan masalah yang telah diuraikan sebelumnya ,aka tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh penulis dari penulisan ini adalah :

  1. Mengetahui apakah perusahaan sudah dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian setelah melakukan komunikasi pemasaran
  2. Mengetahui seberapa besar peningkatan yang dicapai perusahaan dalam memasarkan produknya setelah melakukan komunikasi pemasaran

 

 

  1. Metodologi penelitian

 

  1. Data variabel

Sumber pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis menggunakan data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari lokasi penelitian

 

  1. Hipotesis

Perusahaan merasa sangat sulit memasarkan produknya karena belum melakukan komunikasi pemasaran secara maksimal.

 

 

 

 

Tugas ini diberikan oleh BapakPrihantoro